Kebaya pengantin pilih jahit atau sewa?

CIRACAS.COM | Bagi setiap calon pengantin (manten) membayangkan untuk menjadi raja dan ratu sehari dalam pesta pernikahan mungkin sudah disimpan di benak anda sejak usia remaja. Salah satu detail mimpi yang melekat begitu erat dalam imajinasi adalah busana pengantin.

Tak heran jika calon manten mencurahkan lebih banyak perhatian pada unsur tersebut. Segala upaya dilakukan agar bisa mewujudkan impian, minimal mendekati titik mimpi.

Dalam tradisi pernikahan di Indonesia, kebaya hampir selalu jadi pilihan utama. Pernikahan tradisional, nasional, atau modern sekalipun, cenderung lebih memilih kebaya. Selain karena sangat mencerminkan budaya Indonesia, kebaya juga mampu membungkus figur wanita dengan elegan.

Karakter modis dan etnik kebaya bisa beradaptasi sesuai kebutuhan, mewah, elegan, agung, romantis, semua bisa ditampilkan dengan kebaya. Masalahnya, dalam pesta pernikahan, sang Manten tentu diharapkan tampil seistimewa mungkin, stand out di antara sekian banyak tamu. Karena itu lah, pencarian kebaya pernikahan seringkali menguras energi paling besar.

Dilema yang muncul seputar kebaya manten adalah, sewa atau jahit sendiri. Kedua pilihan tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Pastikan anda berdua sebagai bakal manten memahami plus minus nya sebelum akhirnya memutuskan.

PLUS-MINUS MENJAHIT KEBAYA
Guna mendapatkan hasil yang bagus, harganya sangat mahal. Jarang sekali penjahit yang mampu membuat kebaya seistimewa yang dibutuhkan oleh seorang Manten, karena untuk kebaya pernikahan, ada banyak sekali detail yang dibutuhkan, seperti pemasangan payet dan lain-lain.

Seringkali pula bahan-bahan kebaya tertentu yang diinginkan tersebut juga sulit didapatkan, selain juga membutuhkan keahlian khusus untuk dipadu-padankan.

Kebaya manten yang bagus umumnya akan terlalu fancy untuk dipakai di acara lain, sehingga biaya besar yang dikeluarkan akan menjadi sia-sia karena kebaya hanya akan bisa disimpan saja. Alhasil seringkali model kebayanya menjadi terlalu sederhana, ketika dikenakan tampak tidak sesuai dengan make up.

Calon manten seringkali kecewa dengan hasil jahit kebaya, dan pada akhirnya harus menyewa kebaya, membuat biaya yang dikeluarkan jadi lebih besar lagi. kebaya yang bagus biasanya butuh perawatan khusus, dan ini bisa jadi merepotkan.

KEDUA, Jika berhasil menemukan penjahit yang mumpuni, kebaya hasil jahit sendiri akan pas dan benar-benar sesuai dengan bentuk tubuh Manten. Kebaya dapat menjadi kenang-kenangan seumur hidup.

MENYEWA KEBAYA
Nilai minus menyewa kebaya tidak bisa dimiliki sebagai kenang-kenangan pada pasca pernikahan. Jika ukuran tidak pas harus dilakukan perombakan terlebih dahulu. Namun pada gallery pengantin profesional perombakan kebaya sewa tidak akan jadi masalah, karena hasil akhirnya tetap akan sesuai bentuk tubuh Manten.

Keuntungan menyewa kebaya adalah biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Pilihan kebaya banyak, dan bisa dicoba satu per satu untuk memastikan model dan warna tersebut benar-benar sesuai dengan figur calon pengantin. Tampilan kebaya, baik jahitan, model, maupun pernak-perniknya, sangat istimewa. Karena memang dijahit khusus untuk keperluan Manten.

Selain itu, gallery pengantin yang baik umumnya memiliki kebaya-kebaya istimewa yang jika dijahit sendiri akan memakan budget sangat besar. Sudah tersedia aksesoris penunjang yang selaras dengan kebaya Manten.

Tidak dibebani perawatan kebaya, semua sudah disiapkan untuk dipakai dan dikembalikan ketika selesai.
Berpadu dengan baik dengan make up karena sama-sama hasil kerja profesional.

Selain pilihan Sewa atau Beli di atas, ada lagi opsi alternatif, yakni mengenakan kebaya perdana dari gallery pengantin yang dijahit sesuai ukuran dan model kebaya yang dipilih sendiri oleh manten.

PILIHAN ALTERNATIF
Alternatif pilihan memilih kebaya ini memang lebih mahal daripada sekedar menyewa, tapi tetap lebih murah daripada harus menjahitnya sendiri, hasil yang diperoleh juga sesempurna kebaya manten milik gallery, karena menggunakan materi berkualitas tinggi serta dijahit oleh penjahit galery kebaya yang sangat berpengalaman.

Keuntungannya sama dengan keuntungan menyewa dan menjahit, hanya kebaya tidak untuk dimiliki manten tapi jadi milik gallery. Keuntungan lainnya adalah menjadi manten pertama yang mengenakan kebaya eksklusif tersebut. Sayangnya, tak semua gallery pengantin menyediakan pilihan ini.

Calon pengantin dapat dipersilakan memilih dengan cermat, pilihan mana yang dianggap paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan calon pengantin.(red)

Foto: Istimewa